Proses Perubahan Sosial, Lengkap!

Nah kali ini aku akan membahas mengenai Proses Perubahan Sosial, dan akan aku jelaskan dengan lengkap biar sanggup dipahami dengan gampang sekaligus membantu teman-teman belajar, yukk pribadi saja.

Nah kali ini aku akan membahas mengenai Proses Perubahan Sosial Proses Perubahan Sosial, Lengkap!

1. Penyesuaian Masyarakat terhadap Perubahan

Dalam masyarakat, keseimbangan (social equilibrium) merupakan suatu hal yang menjadi impian dan tujuan bersama. Dalam prinsip keseimbangan ini, antarlembaga kemasyarakatan terdapat posisi yang saling mengisi, sehingga tercipta masyarakat yang hening dan tenteram. Apabila dalam masyarakat terjadi perubahan, maka akan terjadi suatu penyesuaian.

Dengan demikian, insan baik secara individu maupun kelompok juga akan melaksanakan penyesuaian terhadap suatu perubahan. Apabila insan tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan, maka ia akan tersisih atau tertinggal. 

Sebagai teladan adalah, modernisasi yang telah menyentuh banyak sekali wilayah di Indonesia , menuntut individu untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akhirnya, individu maupun kelompok masyarakat memperbaiki diri untuk menyesuaikan dengan perubahan sosial, contohnya melalui pendidikan.

Perubahan sosial bergerak meninggalkan situasi yang usang menuju situasi yang baru. Pada waktu terjadi perubahan dari bentuk-bentuk usang menjadi bentuk yang baru, akan mengalami suatu masa yang dinamakan masa peralihan atau masa transisi.

Masa peralihan ini mengakibatkan keadaan yang serba tidak pasti. Semakin benar dan banyak reaksi masyarakat untuk mendapatkan perubahan, maka perubahan juga mempunyai kepastian tinggi. Tetapi, bila masyarakat kurang niatnya untuk mengikuti proses perubahan, maka kepastian perubahan menjadi rendah.

Ini berarti suatu perubahan sangat tergantung pada kesiapan, persepsi, dan partisipasi masyarakat.

2. Saluran-Saluran Perubahan Sosial

Saluran perubahan sosial yakni saluran-saluran yang dilalui oleh suatu proses perubahan dalam masyarakat yang pada umumnya yakni lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam bidang pemerintahan, ekonomi, pendidikan, agama, politik, dan lain sebagainya.

Lembaga-lembaga kemasyarakatan tersebut yang pada suatu waktu mendapatkan evaluasi tertinggi dari masyarakat, cenderung untuk menjadi kanal utama dari perubahan sosial.

Perubahan-perubahan pada forum tersebut akan membawa jawaban pula pada lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya. Hal ini diakibatkan alasannya yakni lembaga-lembaga kemasyarakatan merupakan suatu sistem yang terintegrasi.

Melalui saluran-saluran ini perubahan sosial mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Misalnya dalam dunia pendidikan, bagaimana pada diri akseptor didik dan masyarakat terjadi perubahan sosial dalam hal nilai, norma, maupun pengetahuan.

Nah itulah pembahasan mengenai Proses Perubahan Sosial, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sumber https://materiku86.blogspot.com/

0 Response to "Proses Perubahan Sosial, Lengkap!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel